52% Perusahaan Indonesia Alami Peningkatan Efektivitas Berkat Instrument Berbasis Cloud

52% Perusahaan Indonesia Alami Peningkatan Efektivitas Berkat Instrument Berbasis Cloud



52% Perusahaan Indonesia Alami Peningkatan Efektivitas Berkat Instrument Berbasis Cloud

Jakarta, 17 September 2024Perangkat lunak berbasis cloud semakin menjadi bagian utama transformasi virtual perusahaan-perusahaan di Indonesia. Kompas Analysis dan Mekari, perusahaan riset perangkat lunak sebagai layanan (SaaS), yang berjudul Pemanfaatan Teknologi Virtual dalam Pengembangan Bisnis memperlihatkan bahwa perangkat lunak Berbasis cloud telah membawa mempengaruhi positif bagi operasi bisnis, yang kemudian akan menjadi dasar pertumbuhan berkelanjutan dalam jangka panjang.

Observasi yang diluncurkan pada ketika itu Konferensi Mekari 2024sebuah konferensi bisnis dan teknologi terkemuka, mencatat bahwa 65% perusahaan menengah dan besar di kota-kota besar di Indonesia sudah menyadari, atau menyadariTransformasi virtual meningkatkan efektivitas dan efisiensi bisnis. Faktanya, 73% perusahaan yang belum memakai perangkat lunak berbasis cloud berencana untuk melakukannya dalam 2 tahun ke depan.

Mekari Convention merupakan konferensi yang diselenggarakan oleh Mekari untuk mempertemukan para pakar, pelaku bisnis, dan profesional guna saling bertukar inspirasi dan pandangan mengenai kekuatan teknologi bagi pertumbuhan bisnis. Tahun ini, Mekari Convention 2024 dengan tema “Sustainable Enlargement Via Endless Virtual Innovation” diselenggarakan di ICE BSD pada tanggal 10 September 2024 dan mempertemukan lebih dari 60 pembicara dan ribuan pengunjung untuk membahas peran inovasi teknologi bagi pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Suwandi Soh, CEO Mekarimenyampaikan bahwa kesadaran
tinggi akan mendorong perusahaan untuk secepatnya menerapkan teknologi perangkat lunak berbasis cloud untuk mengefisienkan operasi bisnis dan hingga pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, atau pertumbuhan bisnis berkelanjutan.

“Memakai perangkat lunak
berbasis cloud oleh perusahaan semakin meluas, di mana observasi menyampaikan bahwa 55% perusahaan telah memakai teknologi tersebut semasa lebih dari 3 tahun. Kami juga menemukan bahwa mayoritas, atau 52%, responden telah lihat peningkatan efektivitas kerja setelah mendapatkan manfaat dari perangkat lunak berbasis cloud. Peningkatan efektivitas ini akan menjadi dasar bagi pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dalam jangka panjang,” lanjutnya.

Baca Juga:  Hitung mundur ke Acara PT Signature Actual Property di Gading Serpong, Indonesia. Waspada kehadiran Pengembang AZIZI.

Memiliki pengaruh pada positif perangkat lunak berbasis cloud sepanjang ini akan meyakinkan perusahaan untuk memperluas adopsi teknologi mereka dengan begitu mereka bisa mengalami lebih banyak sekali manfaat transformasi virtual untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Christian Marpaung, Peneliti Riset dan Pengembangan KompasObservasi tersebut menemukan bahwa sekitar 85% perusahaan antusias dan siap menghadapi perkembangan teknologi masa depan.

“Semangat ini berakar dari keyakinan perusahaan bahwa transformasi virtual akan membantu mereka menciptakan dan mendapatkan manfaat dari peluang bisnis di pasar,” lanjutnya.

Perusahaan juga proaktif dalam menerapkan strategi, termasuk menumbuhkan bakat virtual dan memajukan infrastruktur teknologi yang mereka miliki, untuk memastikan bahwa implementasi teknologi masa depan sangat lancar.

“Berdasarkan survei, perusahaan-perusahaan di Indonesia sudah mulai melirik teknologi terkait… foundation informationawan, rantai blokdan kecerdasan buatan, atau kecerdasan buatan (AI), akibat mereka lihat potensi pengembangan yang sangat menjanjikan,” pungkasnya.

Mekari Convention merupakan konferensi yang diselenggarakan oleh Mekari untuk mempertemukan para pakar, pelaku bisnis, dan profesional guna saling bertukar inspirasi dan pandangan mengenai kekuatan teknologi bagi pertumbuhan bisnis. Tahun ini, Mekari Convention 2024 bertemakan “Sustainable Enlargement Via Endless Virtual Innovation” diselenggarakan di ICE BSD pada 10 September 2024 dan mempertemukan lebih dari 60 pembicara dan ribuan pengunjung untuk membahas peran inovasi teknologi bagi pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.


Sumber: VRITIMES

Tinggalkan Balasan