Camat Cipendeuy Agus Ganjar Hidayat Menerangkan Terkait Musrenbang di Wilayahnya

Cipeundeuy-Warnajembar.com //kegiatan Musrenbang tingkat kecamatan cipendeuy kabupaten Bandung barat (KBB) untuk tahun 2024 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja pemerintah daerah (RKPD) yang dilaksanakan di aula kantor kecamatan cipendeuy,Pada hari Rabu 15/02/2023.

Camat cipendeuy Agus Ganjar Hidayat mengucapkan “Terimakasih pada hari kecamatan cipendeuy sudah selesai melaksanakan Musrembang musyrawah perencanaan pembangunan RKPD 2024 yang mana kami ada 12 Desa dan adapun setiap desa mengajukan 3 usulan.” Terangnya.

Pada tahun ini kecamatan Cipeundeuy mendapat usulan sebanyak itu 36 usulan dari setiap yang mana dari usulan-usulan tersebut masih berkisar diperbaikan insfakturtur sebanyak 22 usulan dan selebihnya untuk Dinas.

“Dinas tersebut diantaranya Dinas Pertanian, DISHUB, DINKES, PARBUD, DISPORA, DP3KB Dan SEKDA, itu masing-masing 3 atau 1 usulan, sehingga kami melihat secara hukum bahwa kebutuhan masyarakat di kecamatan cipendeuy masih berkisar kepada kebutuhan atau usulan yang bersifat insfakturtur pembangunan fisik yang sementara upaya pemberdayaan dibidang PERTANIAN, PETERNAKAN dan UMKM dan sebagainya, persentasenya sekitar 30 persen.”Ungkap Agus.

Agus juga menerangkan terkait kesehatan dan di ajukan ke dinas Kesehatan dan mempunyai 1 kegiatan dalam rangka percepatan dan penurunan stanting ada usulkan juga dalam satu desa, resiko Stunting sekitar 500 orang yang keberadaanya d kecamatan Cipeundeuy.

“Upaya yang telah dilakukan yang telah bekerjasama dengan skidkoder yang ada yaitu Puskesmas,UPTDKB,KUA,dan dinas-dinas terkait lainnya setelah pemerintah desa dibantu oleh PPK dan parakader posyandu secara bersama-sama melakukan upaya peningkatan pencepatan dan penurunan Stunting.” Terangnya

“Disamping itu kami juga sudah berbicara dalam rakor kecamatan dan mengundang pengusaha untuk memberikan kepedulian terhadap percepatan penurunan Stunting dan Allhamdulilah untuk diwilayah dikecamatan cipendeuy ada beberapa perusahaan yang yang bisa kami jait dan kami rangkul agar bisa ditindaklanjuti tentang pembuatan,pengajuan kegiatan dalam bentuk proposal.” Ujar agus

Baca Juga:  Kabag Hukum KBB Angkat Bicara Terkait Hengki Kurniawan di Laporkan ke KPK

“Camat berharap agar usulan-usulan yang kami ajukan dalam musrembang ini tingkat kabupaten ini harapannya apa yang telah menjadi usulan kami bisa terlaksana di tahun 2024adapun persentase daripada kebutuhan dan usulan wilayah cipendeuy berupa pembangunan bisa terealisasikan oleh masyarakat,”Ucapnya.

Upaya upaya pun untuk merealisikan harus tetap mengikuti mekanisme yang ada untuk memperjuangkan usulan di musrembang kabupaten dan pihaknya berharap usulannya bisa diakomodir.

Aguspun pun menjelaskan disisi lain wilayah cipendeuy mempunyai kekuatan dalam hal usulan, usulan tersebut belum tentu bisa mengawal akan tetapi ada 5 anggota DPRD di cipendeuy tentu mereka sebagai tim regulasi dan penganggaran bisa mengawal kebutuhan masyarakat yang ada di wilayah kecamatan tersebut.

Terakhir Agus menjelaskan “Sementara ini kita memberikan usulan berdasarkan menurut rumusan bappeeitbangda dan juga sudah terukur di dalam SIPD dengan artinya tidak ngawur karena kita berpatokan kepada SIPD setiap usulan pengajuan di musrembang pada tahun ini,”Pungkasnya.

(*Red/Anne)