Pastikan Kebutuhan Pengungsi Terpenuhi, Kang Ace Tinjau Lokasi Bencana Cipongkor KBB

Tubagus Ace Hasan Syadzily Wakil Ketua Komisi VIII DPR  meninjau lokasi bencana tanah longsor dan banjir bandang di Cipongkor KBB,

Bandung Barat – Tubagus Ace Hasan Syadzily Wakil Ketua Komisi VIII DPR  meninjau lokasi bencana tanah longsor dan banjir bandang di Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (28/3/2024).

Kang Ace, sapaan akrab Tubagus Ace Hasan Syadzily, yang didampingi pejabat eselon 2 BNPB, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD KBB Meidi, perwakilan dari Sentra Wyata Guna Kemensos, anggota DPRD Jabar, Edi Rusyandi, Camat Cipongkor, Kades Cibenda, dan Kades Sirnagalih itu ingin memastikan penanggulangan bencana di wilayah itu secara maksimal.

Lokasi pertama yang dikunjungi Kang Ace dan rombongan adalah Posko SAR gabungan di SDN Padakati, Desa Cibenda, Cipongkor, KBB. Lokasi ini merupakan tempat warga mengungsi, dapur umum dan lain-lain.

Kemudian Kang Ace meninjau Ponpes Pusaka Baru pimpinan KH Muhammad Toha Sya’roni yang terdampak musibah banjir bandang di Desa Sirnagalih, Cipongkor, KBB.

“Sekarang kita berada di Ponpes Pusaka Baru yang terdampak banjir bandang empat hari lalu. Sejumlah bangunan di ponpes ini rusak, terutama madrasah dan fasilitas lain,” kata Kang Ace.

Kang Ace menyatakan, sebelum ke Ponpes Pusaka Baru, rombongan juga meninjau lokasi pengungsian untuk memastikan pelayanan kepada warga terdampak tersedia. Di lokasi pengungsian, terdapat 500 warga yang mengungsi.

“Kami memastikan semua kebutuhan pengungsi terpenuhi selama mereka berada di lokasi pengungsian. Seperti makanan, minuman, pakaian, dan tempat tidur. Termasuk psikososial trauma healing yang dilaksanakan para relawan sudah terlangsana. Tadi saya menyaksikan layanan psikososial dilaksanakan oleh anggota DPRD Jabar dari Fraksi Partai Golkar,” ujar Kang Ace.

“Kegiatan psikososial dan bantuan yang disalurkan diharapkan dapat meringankan beban warga yang terdampak bencana. Saya telah berkoordinasi dengan BNPB dan Kemensos agar penanggulangan bencana terlaksana maksimal,” tutur Ketua DPD Partai Golkar Jabar ini.

Baca Juga:  Dalam Kunjungannya di Bekasi, Kang Ace Minta Petugas Haji Harus Berikan Pelayanan Terbaik

Dalam kesempatan itu, Kang Ace mendoakan warga terdampak bencana diberikan ketabahan dalam menghadapi musibah.

Kang Ace memastikan pemerintah akan melakukan upaya maksimal agar masyarakat mendapatkan pelayanan optimal.***