PJ Gubernur Jabar Rencana Solat Idul Adha di KBB Begini Penjelasan Kabag Kesra Hasanudin

BandungBarat, warnajembar.com // Idul Adha tidak hanya identik dengan ibadah haji, namun juga dengan kurban. Sebab pada hari tersebut, muslim akan menyembelih hewan kurban dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Salat Idul Adha dilaksanakan pada Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 10 Zulhijah setiap tahunnya. Mengacu pada kalender Hijriah Indonesia 2024 susunan Kementerian Agama RI, 1 Zulhijah 1445 H/2024 M jatuh pada 8 Juni 2024. Sehingga 10 Zulhijah atau jadwal salat Idul Adha dilaksanakan pada 17 Juni 2024

Kepala bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) H.Hasanudin menyampaikan tentang pelaksanaan shalat idul adha dan penyembelihan Hewan qurban.

“Hilal kemarin di bosca terus menghadiri bersama Kemenag dengan pengadilan Negeri turut hadir di sana bersama dengan organisasi-organisasi Islam yang lain itu mengadakan yatullah riba,” ucapnya saat di wawancarai pihak media.

Sudah kita tetapkan bahwa hari raya itu akan jatuh pada tanggal 17 Juni rencana gubernur akan menghadiri shalat ied di Bandung Barat kita akan siapkan tempat alternatif yang pertama di masjid agung Shidiq yang kedua masjid Al Irsyad.

Ia pun mengatakan, PJ gubernur akan mengerakkan seluruh kepala dinas kemungkinan akan hadir pada salat Idul adha di sini, itu sebagai rasa empati dari musibah yang kemarin terjadi di Bandung Barat.

“Mudah-mudahan memberikan spirit bagi pemerintahan Bandung Barat untuk bisa bangkit dalam kondisi yang kemarin terjadi masalah di Bandung Barat yang penting kepada pemerintah Bandung Barat untuk bisa move on, “tuturnya.

Ia menjelaskan, Untuk hewan qurban pimpinan sedang mendorong untuk memberikan instruksi bahwa qurban adalah ibadah pribadi jadi tidak bisa mengatas namakan dinas.

Kemarin itu, sudah memberikan instruksi agar para pejabat yang mau melaksanakan pribadi individu untuk dikirimkan kepada daerah-daerah yang sudah terdampak bencana alam.

Baca Juga:  Kecamatan Padalarang Adakan Pelatihan On The Job Training Begini Penjelasan Camat Agus Ahmad

Ia pun menambahkan, Instruksi dari pimpinan tidak usah dikoordinir tetapi langsung aja dikirim ke sana dan di bagi karena ada desa dan keluarga yang mengalami dampak bencana kita sudah koordinasi dengan Camat dan desa dengan mendata nama jumlah kk terdapat bencana.

Masih kata Hasan, Para pejabat yang mau qurban kambing ataupun sapi tentang pendistribusian hewan qurban kita nunggu keputusan instruksi perintah dari atas karena udah 3 tahun tidak ada program dinas tetapi pengkondisian secara masing.

“PJ Gubernur akan berkenan hadir di bandung barat untuk melaksanakan shalat idul adha yaitu di lokasi masjid agung, untuk membawa ke warga masyarakat yang ada di sekitar.” Tandasnya.***

Penulis: AnneEditor: Anne