Tekno  

Apa itu WiFi 7? Pengertian Wireless 7 dan Kelebihan Wireless 7

Apa itu WiFi 7? Pengertian Wireless 7 dan Kelebihan Wireless 7


Apa itu WiFi 7? Apa saja kelebihan Wi-Fi 7 (WiFi 7) dibandingkan pendahulunya seperti Wi-Fi 6 (802.11ax) menjadi topik yang ramai diperbincangkan. Apalagi teknologi Wi-Fi paling kekinian ini baru saja disetujui oleh Kominfo dan salah satu operator seluler di Indonesia, dengan begitu siap diadopsi di dalam negeri.

Tentunya dengan semakin berkembangnya teknologi, cukup banyak pembaruan dan keunggulan yang ditawarkan teknologi Wi-Fi 7 dibandingkan pendahulunya. Untuk itu, kita segera akan lihat lebih element apa itu Wi-Fi 7 dan apa saja yang ditawarkan serta peningkatannya dibandingkan Wi-Fi generasi sebelumnya.

apa itu wi-fi 7

Apa itu WiFi 7

Wi-Fi, tak henti-hentinya ditulis sebagai WiFi, adalah teknologi jaringan nirkabel berdasarkan standar jaringan IEEE 802.11 dan memungkinkan perangkat seperti ponsel pintar, computer, atau device lainnya terhubung ke web.

Wi-Fi 7 sendiri merupakan teknologi Wi-Fi generasi paling kekinian dan dapat disebutkan sebagai penerus Wi-Fi 6. Wi-Fi 7 pertama kali diluncurkan pada Januari 2024, sedangkan Wi-Fi 6 sendiri diperkenalkan alias diluncurkan pada tahun 2019.

Penamaan generasi Wi-Fi sendiri disederhanakan pada tahun 2018 dimana penamaannya mengadopsi standar yang lebih sederhana yaitu Wi-Fi 4, Wi-Fi 5 atau Wi-Fi 6 dibandingkan dengan standar penamaan sebelumnya seperti 802.11n untuk Wi-Fi 4 atau 802.11ac untuk Wi -Fi 5. Penamaan yang lebih sederhana ini, seperti Wi-Fi 6 untuk 802.11ax atau Wi-Fi 7 untuk 802.11be, memudahkan untuk mengetahui generasi teknologi apa yang digunakan dan menyelesaikan kompatibilitas dengan perangkat yang memberi dorongan untuk tipe itu.

Apa kelebihan Wi-Fi 7

Mengusung nama Wi-Fi 7, tentu salah satu keunggulannya adalah jauh lebih cepat dibandingkan generasi 6. WiFI 7 diklaim mempunyai kecepatan switch 4,8x lebih cepat dibandingkan WiFI 6 dan 13x lebih cepat dibandingkan WiFi 5.

Wi-Fi generasi ke-7 ini membuat khusus peningkatan kecepatan throughput dengan tingkat efisiensi tinggi tetapi dengan latensi rendah dengan begitu bisa meminimalkan dan mencegah lag, buffering, atau kemacetan pada jaringan yang padat. Berkat sejumlah fitur yang memungkinkan perangkat berkomunikasi dengan menggunakan berbagai band dan saluran, jaringan nirkabel Wi-Fi 7 mempunyai stabilitas yang lebih baik.

Baca Juga:  5 Transformasi Wintry weather Aespa dari Masa Kecil Menjadi Idol Terkenal, Cantik Sejak Lahir Bun!

Keuntungan wi-fi 7

Wi-Fi 7 dilengkapi teknologi bandwidth ultra lebar 320 MHz, skema modulasi kecepatan tinggi 4096-QAM, Multi-RU, dan Multi-Hyperlink Operation (MLO). Dengan Multi-Hyperlink Operation, WiFi 7 bisa bekerja pada 3 band sekaligus (2,4 GHz, 5 GHz, dan 6 GHz) dengan begitu memungkinkan perangkat mengirim dan menerima informasi secara serentak dan simultan pada berbagai band gelombang dan saluran.

Dari segi keamanan, Wi-Fi 7 dilengkapi dengan fitur-fitur baru yang lebih canggih untuk memastikan informasi yang dikirim dengan menggunakan jaringan tetap aman. Hal ini termasuk pengenalan teknologi enkripsi yang lebih kuat dan sulit diretas, dengan begitu membuat jaringan Wifi lebih stabil dan aman bagi pengguna.





Source link

Tinggalkan Balasan