Penyanyi Filipina Shaira Dituduh Menjiplak “Trouble Is A Friend” Lenka, Fans Mengklaim Diskriminasi

Penyanyi Filipina Shaira Dituduh Menjiplak “Trouble Is A Friend” Lenka, Fans Mengklaim Diskriminasi


Ada reaksi beragam.

Penyanyi-penulis lagu Australia Lenka Kripac mengambil tindakan hukum terhadap penyanyi “Pop Bangsamoro” asal Filipina Shairalagu viral “Selos” karena masalah hak cipta. Meskipun mendapat protes dari penggemar, video tersebut dengan cepat dihapus dari semua platform streaming.

lenkamusic_1706522820_3290874400012536174_1661055870
Lenka | @lenkamusic/Instagram
Tangkapan layar 21-03-2024 pukul 08.14.56
Syaira | Facebook

Label rekaman yang terakhir, Saluran AHSmerilis pernyataan permintaan maaf kepada pendengar dan menyampaikan niat mereka untuk mendapatkan lisensi menjadikan “Selos” sebagai cover resmi dari “Trouble is a Friend” milik Lenka.

Isu tersebut pertama kali diketahui setelah seorang netizen memberi tahu Lenka melalui Instagram tentang kemiripan “Selos” dengan lagu terkenalnya. Dia menjawab bahwa mereka mengambil tindakan hukum terhadapnya, dan segera setelah itu dihapus di semua platform streaming.

Masyarakat Filipina bereaksi beragam terhadap berita tersebut. Di satu sisi, mereka mengklaim tindakan Lenka dipicu oleh diskriminasi. Seseorang secara kontroversial menyatakan, “Mencuri dari orang kulit putih tidak masalah. Saya harap Anda mendapatkannya.

Mereka menambahkan bahwa banyak lagu yang diambil sampelnya dari musik yang sudah ada tetapi tidak dihapus.

Namun, di sisi lain, netizen menunjukkan bahwa Shaira dan timnya sepenuhnya sadar bahwa mereka mengambil sampel “Trouble is a Friend” tetapi memutuskan untuk tidak melanjutkan ke jalur hukum yang semestinya.

Mencuri dan mengambil keuntungan dari musik berhak cipta milik orang lain adalah salah,tegas mereka.

Terakhir, netizen menyebut “sangat mengkhawatirkan” bahwa orang Filipina menyerang Lenka di postingan Instagram-nya.

Sementara itu, Shaira mengeluarkan pernyataan yang meminta para penggemar untuk menahan diri mengirimkan pesan kebencian kepada Lenka karena timnya hanya melakukan hal yang benar.

Apa yang Terjadi di Seluruh Dunia




Sumber: koreaboo.com

Baca Juga:  Penggemar Almarhum Penyanyi "Bangkitkan" Dirinya, Ayah yang Marah Memanggil Mereka