Asep Ilyas Jadi PLT Disdukcapil KBB

NGAMPARAH—warnajembar.com Jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung Barat (KBB), mulai hari ini Jum’at, (1/11/2019) dipegang Plt Asep Ilyas. Sebelumnya, jabatan tersebut dipegang Wahyu Diguna yang masuk masa pensiun, Kamis (31/10/2019).Ditemui di ruang kerjanya disaat hari pertama masuk Kantor Disdukcasip, Asep Ilyas langsung memanggil stagnya. Ia memeriksa berbagai berkas yang ada di mejanya.

“Kalau lihat dari proses pengisian pejabat devinitif (Kadisdukcapil), saya jadi plt di sini, kurang lebih satu bulan,” ujar.Menurutnya, untuk jabatan Kepala Disdukcasip berbeda dengan jabatan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya. Karena pengajuannya harus mendapat persetujuan dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) sesuai dengan Permendagri No 119 tahun 2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Untuk mekanisme jabatan Kepala Disdukcapil sambung Asep, diawali dari pengumuman tiga nama hasil Panitia Seleksi (Pansel) lelang jabatan atau Open Bidding. Kemudian ketiga nama tersebut diusulkan oleh bupati ke gubernur untuk mendapatkan rekomendasi. Untuk mengeluarkan rekomendasi tersebut, gubernur diberikan waktu selama tujuh hari.

Setelah itu, diajukan ke Kemendagri dengan proses selama 14 hari untuk mendapatkan Surat Keputusan (SK) menteri. “Jadi proses untuk pengangkatan Kadisdukcasip itu, mulai diajukan Pak Bupati sampai turun SK-nya, kurang lebih selama satu bulan lamanya,” jelas Asep.

Untuk perubahan barokade tandatangan Kadisdukcapil pada beberapa akta kependudukan, kata Asep tinggal menunggu persetujuan kemendagri. Menurutnya, hal itu sudah diajukan juga. “Informasinya sudah diajukan. Dan tinggal menunggu perubahannya. Mudah-mudahan hari ini juga perubahannya sudah terkoneksi,” tutur Asep. ***(001)

Baca Juga:  Demi Cegah Stunting Untuk Masa Depan Anak yang Lebih Baik Pemerintah Kecamatan Parongpong, Gelar Rakor Lintas Sektor