Di Cipatat KBB ,20 Orang Pengurus Destana di Kukuhkan

Cipatat -warnajembar.com, Untuk menanggulangi seluruh bencana di desa citatah, Kepala Desa Citatah Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, H.Mumuh, Kukuhkan Dua Puluh Pengurus Desa Tangguh Bencana (Destana).Rabu, (22/04/2020)

Kepala Desa Citatah, H.Mumuh mengatakan, “Desa Tangguh Bencana itu, Untuk menanggulangi seluruh bencana di Desa seperti, pergeseran tanah, Kebakaran, termasuk sekarang untuk penanggulangan wabah virus Covid-19 juga sama.” ujarnya 

Di samping itu di bentuknya Destana ini, Untuk salahsatu percontohan Desa sekabupaten, di Kabupaten Bandung Barat baru ada tiga Desa termasuk Desa Citatah. Yang ada desa tangguh bencana.

“Nanti juga ranting-ranting akan di bentuk juga ke tiap masing-masing rw, pengurus Destana itu ada dua puluh orang yang ada di Desa”. Katanya.

Di  Lokasi yang sama Ketua Desa Tanggung bencana (Destana) Citatah, Trisna, “ini Merupakan salahsatu organisasi/lembaga kebencanaan yang langsung dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sesuai dengan Perka no 1 tahun 2012.

“Bahwasanya organisasi/lembaga kebencanaan harus di tingkat desa, dan itu sudah ada aturannya semua.”ujarnya

Lanjut Trisna, termasuk juga wabah virus Covid-19, insya alloh kedepannya akan ada tiga tahapan dari pratama, madia maupun utama, nanti dengan dua puluh aitem sesuai dengan Perka, kita akan bersinergi dengan pemerintahan desa untuk menuju ke destana yang mandiri.”

Turut hadir muspika untuk pengukuhan Desa Tangguh Bencana (Destana) Citatah, beliau mengaku sangat mendukung terhadap pengukuhan destana ini.“semoga ini nyampai ke Desa – Desa yang lain untuk di jadikan percontohan, supaya dalam keadaan bencana sudah ada dari Desa dan ranting-ranting.”tuturnya. (Red)