Puskesmas Pasir Langgu Gelar Lokakarya Mini (LOKMIN) Bulan Pertama 2023

Warnajembar.com // Puskesmas Pasirlangu mengadakan acara kegiatan lokakarya mini (lokmin) bulan pertama di tahun 2023, yang dilaksanakan di Aula Desa pasirlangu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat,Jumat (12/05/2023).

Kegiatan lokmin tersebut dihadiri oleh Camat Cisarua Drs Taufik Firmansyah, Sekcam Cisarua Yani Rohaeni S.Sos, MM, Kepala Desa Pasirlangu Nur Awaludin Lubis, Kepala Desa Cipada Ujang Dahlia, Kepala Desa Tugu Mukti Nandang Suherman, kepala Desa Sadangmekar Dede Farid, Kapolsek Cisarua mewakilkan, Koramil Cisarua mewakilkan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan karyawan Puskesmas Pasirlangu.

Manajemen Puskesmas merupakan suatu rangkaian kegiatan yang bekerja secara sinergi yang meliputi perencanaan, penggerakan pelaksanaan serta pengendalian, pengawasan dan penilaian.

Penerapan manajemen penggerakan pelaksanaan dalam bentuk forum pertemuan yang dikenal dengan Lokakarya Mini,tujuan umum Lokakarya Mini Puskesmas adalah untuk meningkatkan fungsi Puskesmas melalui penggalangan kerja sama tim baik lintas program maupun lintas sektor serta terlaksananya kegiatan Puskesmas sesuai dengan perencanaan.

Sedangkan Lokmin bulan pertama ini sangat penting dan menjadi perhatian khusus lokakarya mini bulanan yang pertama, merupakan lokakarya penggalangan tim diselenggarakan dalam rangka pengorganisasian untuk dapat terlaksananya Rencana Kegiatan Puskesmas (RKP),Pengorganisasian dilaksanakan sebagai penentuan penanggungjawab dan pelaksana setiap kegiatan serta untuk satuan wilayah kerja.

Dalam paparannya,Nita Rahayu SKM, MM, selaku Kepala Puskesmas Pasirlangu menjelaskan melakukan sosialisasi tata nilai dan tujuan puskesmas, visi misi dan budaya mutu puskesmas.

“Selanjutnya dalam rangka meningkatkan kinerja di bidang manajemen disampaikan perubahan personil dalam susunan SOTK maupun Tim-tim peningkatan mutu.

“Sebagai tindak lanjut dari lokmin bulan pertama ini, puskesmas akan melaksanakan kegiatan penggalangan komitmen serta pendampingan dalam penyusunan RUK dan RPK oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat,

Camat Cisarua Drs Taufik Firmansyah M.si, MM, mengharapkan melalui kegiatan lintas sektor ini mampu memberikan edukasi dan pemahaman pada masyarakat agar memenuhi protokol kesehatan.

“Dalam menangani masalah kesehatan, walaupun  dalam masa pandemi Covid -19 udah usai, diharapkan kerjasama antar lintas sektor Babinsa, Babinkamtibmas, puskesmas, Kepala Desa dan RT/RW, dengan memberikan edukasi dan pemahaman agar masyarakat memenuhi protokol kesehatan, Pungkasnya

(Anne/*Red)