Rencana Bupati KBB Dana Hibah Akan Langsung Diberikan Kepada Induk Olahraganya

KBB – warnajembar.com-Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB), Hengky Kurniawan menegaskan, pihaknya tetap berkomitmen untuk tetap memajukan dunia olahraga Kabupaten Bandung Barat. Oleh karena itu,saat ini pihaknya tengah menyiapkan roadmap yang jelas olah raga di wilayahnya.

Ia mengatakan, pihaknya menolak jika disebut Pemkab Bandung Barat tidak memiliki kepedulian terhadap olahraga di Kabupaten Bandung Barat. Terlebih hingga saat ini support yang diberikan oleh Pemkab Bandung Barat terus mengalir.

“Saya tegaskan terkait bonus atlet yang pada saat itu dua tahun menunggak kami tuntaskan. Kemudian, terkait dana hibah tahun 2022 sebesar Rp12,5 miliar itu juga bukan turun dari langit tapi sumbernya dari pemda Bandung Barat,” katanya saat ditemui, Senin (16/1/2023).

Ia menambahkan, terkait anggaran hibah sebesar Rp500 juta tersebut diberikan untuk menunjang administratif KONI KBB. Sementara itu, untuk kegiatan lainnya harus ada roadmap yang jelas untuk memenuhi kebutuhan olahraga di Kabupaten Bandung Barat.

“Lalu bagaimana terkait support pemerintah terhadap olahraga di KBB, pada 14 Desember 2022 setelah pelantikan saya sampaikan ke pak Imam (Kadispora KBB), untuk membuat road map keolahragaan di KBB, buat desain olahraga daerah di KBB dan itu kewenangan daerah,” katanya.

“Artinya ke depan kebijakan anggaran itu mengacu kepada desain olahraga yang sudah kita buat. Jadi tidak serta merta meminta Rp10 atau 9 miliar kan peruntukannya harus jelas dan kita harus ngati-ngati untuk hal itu,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, melalui pemetaan yang jelas Pemkab Bandung Barat bakal mudah memenuhi kebutuhan Cabor baik sarana maupun prasarana. Oleh karena itu, anggaran untuk kegiatan olah raga di wilayahnya tetap disiapkan.

“Jadi keberpihakan pemda hari ini saya sampaikan ke pa Imam buat desain atau roadmap, tolong petakan mana kebutuhan yang akan kita investasikan dan mana sarana prasana olahrganya seperti apa dan kita akan anggarkan. Jadi memang 500 juta itu untuk mendukung tugas administratif untuk KONI KBB,” katanya

Baca Juga:  H. Diki Rohani S.Pt Berhasil Bawa Tim Sepak Bola Kecamatan Lembang Masuk Final HK CUP 2023

Hengky menyebut, rencananya pemberian dana hibah tersebut langsung diberikan kepada induk olah raganya secara langsun. Pasalnya, hingga saat ini tidak sedikit keluhan dari para atlet lantaran uang yang diterimanya belum maksimal.

“Dana hibah untuk olahraga ke depan kita akan berikan langsung pada induk olahraganya. Jujur karena banyak hari ini saya harus sampaikan apa adanya, banyak hari ininyang curhat ke saya tidak menerima uang dan sebagainya. Makanya kita ingin pemberian hibah itu langsung ke induk olahraganya, itu yang kita atur di kemudian hari,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan, tudingan Pemkab Bandung Barat tidak memberikan support terhadap dunia olahraga Kabupaten Bandung Barat tersebut tidak tepat dan tidak beralasan. Apalagi baik eksekutif maupun legislatif memberikan dukungan penuh.

“Jadi eksekutif dan legislatif jni sangat mendukung olahraga dan dewan juga sangat mendukung. Artinya salah kalau ketua KONI KBB itu menyampaikan bahwa pemerintah tidak mendukung, karena prodak APBD ini kan bukan hanya prodak eksekutif saja, tapi juga prodak legislatif. Kalau dikatakan tidak mendukung, itu saya fikir hanya emosional pribadi yang mungkin ada kepentingan pribadi yang ingin dicapai,” katanya.

“Sekarang minta Rp10 atau 9 miliar dasarnya apa, kan harus jelas dasarnya. Apakah sudah berkordinasi dengan Dispora kita, karena selama ini di era pak Ludi dan pak Imam sekarang itu tidak pernah menyampaikan KONI KBB butuh uang sekian ke saya,” katanya. *red