Sosial  

Simulasi Program Penangangan Konflik Sosial Secara Humanis

Kab.Bandung-warnajembar.com- Yayasan LKP Karya Mandiri Jalan Babakan Sawah RT. 004 – RW.006 Desa Rancakasumba Kecamatan SolokanJeruk Kabupaten Bandung, Kamis pagi 26 Januari 2023 tiba-tiba didatangi oleh kurang lebih 35 orang anggota polisi berseragam lengkap. Kedatangan puluhan anggota Polda Jabar itu dipimpin oleh Aiptu Agus Rudianto, para Polisi ini memasuki lokasi Lembaga Pendidikan Karya Mandiri dengan seragam lengkap tapi tanpa dilengkapi dengan senjata. Ada apa hingga Yayasan Karya Mandiri didatangi Polda Jabar pada jam kegiatan sedang berlangsung ?

Praktek Simulasi di Lokasi Yayasan dilaksanakan dengan metode Wawancara Indef interview pemecahan konflik sosial secara humanis dengan melibatkan pula anak didik sebanyak 2 orang, perangkat Desa 1 orang, anggota GM Fkppi Rayon Soljer 2 orang, dari Yayasan Karya Mandiri 1 orang dan dari anggota SPN Polda Jabar sebanyak 7 orang. Praktek simulasi disaksikan langsung oleh ratusan siswa Karya Mandiri, puluhan anggota GM Fkppi Yon Soljer, beberapa Tokoh masyarakat setempat serta puluhan anggota Polda Jabar.

Selesai acara kegiatan rombongan SPN Binmas Polda Jabar memberikan kadeudeuh kepada para warga masyarakat yang tidak mampu, putus sekolah, anjal, ABH dan PMKS lainnya. Penyerahan santunan di awali oleh AKBP. Ajria, selaku Gadik Binmas SPN, Aiptu Agus Rudianto, dan Aiptu Anang Ramdhan, SH., M.Ps., Sp., sebagai Danton rombongan disusul oleh anggota Polda lainnya.

“Kiprah Lembaga Pendidikan dan pelatihan karya mandiri dalam membantu program Pemerintah mengurangi angka pengangguran bagi masyarakat yang tidak mampu, putus sekolah, dan nganggur dengan biaya di gratiskan untuk dilatih, disertifikasi dan disalurkan kerja atau yang di sebut 3in1”, demikian ungkap Haji Dadang Wahyudin, S.Pd, M.Pd dalam memberikan keterangannya.

Hadir dalam acara ini, Kades Rancakasumba yang diwakili oleh Kasi Kesra Rohmat Permana, Penilik Dinas Pendidikan Kab. Bandung bagian PLS Tatang Somantri, S.Pdi, Babhinsa Racakasumba, Pendamping Siswa Prolad (Program pelatihan tentang penanganan konflik secara humanis oleh Babhinkamtibmas) AKBP Ajria, Ketua Yayasan LKP Karya Mandiri Aiptu. Anang Ramdhan, S.H,. M.Ps,.Sp, sekaligus sebagai Danton Binmas SPN Polda Jabar dan seluruh peserta diklat yang mengikuti kegiatan kurang lebih 125 orang terbagi 2 kelompok pembinaan, dari Disnaker dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung.

Adapun keterkaitan GM FKPPI Rayon Soljer: Telah kerjasama antara yayasan atau lembaga pelatihan dalam penanggulangan angka pengangguran dan kemiskinan di bidang sosial ekonomi, kerja sama dalam penyaluran calon tenaga kerja ke perusahaan, dan Mengadakan kontrol sosial.

(Jurnalis : Rosari Hayati – TMT.)

Post ADS 1