Anak-anak rentan terkena penyakit, dokter mengingatkan pentingnya cuci tangan

Anak-anak rentan terkena penyakit, dokter mengingatkan pentingnya cuci tangan


Jakarta

Anak sangat rentan terserang penyakit sebab imunitas tubuhnya belum terbentuk sempurna, Bunda. Lantas, bagaimana langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan si kecil?

Ada bermacam-macam virus yang berkembang biak di lingkungan. Tanpa disadari, virus tersebut bisa menempel pada tubuh dan dikarenakan anak merasakan berbagai penyakit.

Diprediksi sepertiga anak di Indonesia akan terserang kuman ya, Bu. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Dokter Spesialis Anak, Prof. Dr. Hinky Hindra Irawan Satari, Sp. A(Ok), M. TropPaed.

Dia menyampaikan setidak-tidaknya sepertiga dari 70 juta anak terkena penyakit ini. Penyebab utamanya sebab anak mempunyai bagian tubuh yang dapat bersentuhan langsung dengan virus, bakteri, dan kuman.

“Jadi informasinya sepertiga anak Indonesia akan terserang kuman. Bayangkan ada sekitar 70 juta anak. Sepertiganya akan terserang kuman,” ujarnya dalam rutinitas Lifebouy 90 Years, Kamis. (15/8/2024 ).

“Lalu kenapa kuman penyakit dapat menyerang? Sebab ada bagian tubuh yang memiliki tanda langsung dengan dunia luar (kulit, mulut, hidung untuk bernafas). Jadi, kuman dapat leluasa masuk, kita harus segera makan dan minum. Mulut terbuka lebar dengan begitu kuman bebas masuk,” lanjutnya.

Dokter mengingatkan kita segera akan pentingnya mencuci tangan

Dalam rutinitas yang sama, Prof Hinky menjelaskan bahwa telah ada langkah yang sangat sederhana untuk mencegah penyebab penyakit ini menyerang anak-anak. Prof Hinky juga mengingatkan para orang tua untuk setiap saat mengingatkan anak-anaknya untuk setiap saat mencuci tangan.

“Nah, cara yang paling tepat untuk mengatasi hal ini adalah sederhana. Instan, mudah, murah. Dan dapat kita terapkan sejak kecil, yaitu mencuci tangan,” jelasnya.

Lebih lanjut Prof Hinky menyampaikan informasi memperlihatkan bahwa dengan rajin mencuci tangan, angka infeksi paru-paru bisa dikurangi. Tak hanya itu, jumlah penyakit saluran cerna juga merasakan penurunan.

Baca Juga:  Pate ikan trout

“Information memperlihatkan dengan mencuci tangan sederhana, kejadian infeksi paru-paru dapat berkurang banyak sekali. Angka kejadian penyakit saluran cerna seperti diare dapat berkurang setengahnya,” ujarnya.

“Jadi kelihatannya sederhana, tapi dampaknya luar biasa. Sebab instan. Begitu kita cuci tangan, kuman yang menempel langsung lepas dan mati,” tambah Prof Hinky.

Selain mencuci tangan, ada juga pointers menjaga kesehatan anak lainnya, Bunda. Baca selengkapnya di halaman berikutnya ya.

Bagi bunda yang ingin berbagi tentang parenting dan dapatkan banyak sekali giveaway, yuk bergabung dalam organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik DI SINI. Bebas!





Source link

Tinggalkan Balasan