BNNK KBB Berikan Pembekalan sekaligus kukuhkan Pokja Ds Bersinar di Ds. Pasirhalang.

Bandungbarat-Warnajembar.com-Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bandung Barat resmi kukuhkan Kelompok Kerja (Pokja) Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Desa Pasirhalang, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis ( 06/10/2022 ).

Pasca pengukuhan tersebut, Kepala BNNK Bandung Barat, AKBP M. Julian SH.MSi, meminta 165 Desa di Kabupaten Bandung Barat,sangat berperan aktif dalam menanggulangi peredaran Narkoba.

Menurutnya, peran aktif pemerintah Desa sangat diperlukan terlebih dalam hal mengedukasi masyarakat terutama anak-anak muda di wilayahnya.
Peran aktif pemerintah Kabupaten hingga Desa itu bisa mempersempit gerak peredaran gelap narkoba.

AKBP Julian menyebut, “sekitar kurang lebih 30 dari 165 Desa di Kabupaten Bandung Barat sudah memiliki Pokja Bersinar dan mewajibkan Pokja Bersinar tersebut membuat program siskamling keamanan. Terlebih, Desa yang ada di wilayah perbatasan, Program kerja itu dibuat untuk menjaga keamanan wilayah,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kolaborasi pemerintah daerah dan Desa sangat diperlukan. Terutama dalam memberikan informasi di wilayah, seperti pengungkapan kasus peredaran narkotika di wilayah Lembang beberapa waktu yang didapat dari informasi masyarakat.

“Artinya ini perlu ada kesadaran dan kewaspadaan dari masyarakat juga. Terlebih, jika menemukan warga yang mencurigakan atau terindikasi menyalahgunakan dan mengedarkan narkoba, jika melihat hal itu masyarakat bisa dapat langsung melaporkannya ke BNNK atau ke Pokja Bersinar, Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) nomor 3 Tahun 2022 tentang pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN), serta Permendagri nomor 12 tahun 2019 yang menyebut bahwa setiap Kabupaten Kota harus memiliki Perda tentang P4GN. Peraturan itu menegaskan harus adanya tim terpadu dari tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan dan Desa” Jelas Julian.

Kepala Desa Pasirhalang, Asep Rohimat S.Pdi, sangat mengapresiasi kegiatan program Desa bersinar dari BNNK KBB dengan melibatkan komponen Desa.

Dlam acara tersebut hadir juga Camat Cisarua Drs Taufik Firmansyah MM. MSi,Danramil Cisarua Kapten Inf Dede, Kapolsek Cisarua yang diwakili oleh Kanit Reskrim AKP Asep menyampaikan.

Kabid Kesbangpol Jaja MM.S.Sos,
Menyampaikan tupoksi Badan Kesatuan bangsa dan Politik yang salah satu tugasnya melaksanakan Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika, dengan uraian 14 tugas termasuk didalamnya sun perda, tim terpadu, Desa Bersinar, pemberdayaan masyarakat dan lain-lain.

(Anne/*Red)