7 Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas yang Benar Agar Tahan Lama serta Anti Busuk

7 Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas yang Benar Agar Tahan Lama serta Anti Busuk


Jakarta

Pada hari raya Idul Adha, seluruh umat Islam merayakannya dengan menyembelih hewan kurban serta membagikan dagingnya kepada masyarakat setempat. Kali ini Bubun akan memberikan pointers cara menyimpan daging kurban yang benar di lemari es.

Daging merupakan salah satu bahan pangan yang perlu diperhatikan dalam penyimpanannya. Akibat, jika sepertinya tidak disimpan dengan benar, daging dapat sepertinya tidak bertahan lama serta mudah busuk dengan begitu sepertinya tidak layak dikonsumsi.

Untuk menghindari masalah itu, ada bermacam-macam langkah yang perlu Anda ketahui saat menyimpan daging di lemari es.

Spanduk Idul Adha

7 Cara menyimpan daging kurban di lemari es yang benar

Mengutip dari laman Instances of India, produk hewani mentah mempunyai peluang lebih tinggi untuk berkembang biaknya kuman dibandingkan daging yang dimasak. Dalam beberapa kasus, meski demikian dagingnya bersih, infeksi bisa menular dari daging ke manusia setelah dikonsumsi.

Inilah salah satu alasan mengapa daging mentah sepertinya tidak boleh dibiarkan di tempat terbuka sebab bisa meningkatkan risiko kontaminasi. Meski begitu, ada bermacam-macam langkah yang perlu diperhatikan saat menyimpannya di lemari es. Berikut beberapa di antaranya:

1. Bersihkan daging terlebih dahulu.

Cuci dengan air biasa, buang tisu yang sepertinya tidak diinginkan, lalu rendam dalam air hangat yang diberi minim kunyit atau garam, ini membantu menghilangkan kuman serta kuman.

Setelah 8-10 menit, bilas kembali daging dengan air dingin untuk menjaga teksturnya. Selanjutnya tiriskan airnya, biarkan mengering serta keringkan dengan tisu. Setelah daging benar-benar kering, lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Masukkan ke dalam wadah kedap udara

Setelah daging kering, masukkan ke dalam wadah kedap udara serta tutup rapat. Dengan langkah ini, daging segar dapat disimpan di lemari es semasa 7-8 hari. Pengawetan daging dan bergantung pada potongan daging, jenis kemasan, serta kesegaran potongan.

Baca Juga:  Dukungan Microsoft Pockets Kini Tersedia di Microsoft Retailer

3. Hindari menyimpan daging yang dengan cara yang lain dalam satu wadah

Hindari menyimpan berbagai jenis daging dalam satu wadah. Hal ini bisa meningkatkan kemungkinan kontaminasi pada daging yang dimasak.

4. Simpan di rak paling bawah

Daging mentah perlu sepanjang waktu disimpan di bagian bawah lemari es agar sepertinya tidak mengkontaminasi sisa makanan serta menjaganya pada suhu preferrred sebab mudah rusak. Jaga agar tetap tertutup rapat serta bebas dari kebocoran.

5. Bekukan

Daging merah dapat dibekukan sampai 12 jam jika Anda sepertinya tidak dapat menghabiskannya. Daging giling dan dapat disimpan di freezer sampai 6 bulan. Pastikan makanan dibungkus dengan benar, serta Anda sepertinya tidak sering mencairkannya serta membekukannya kembali.

6. Masak sampai matang

Pastikan sisa daging sudah matang sempurna agar mudah disimpan serta tetap aman dikonsumsi. Daging yang sepertinya tidak dimasak akan memungkinkan kuman menyebar serta menyebabkannya membusuk dengan sangat cepat.

7. Iris tipis dagingnya

Iris saja tipis-tipis, rebus, lalu panggang perlahan. Tergantung pada tingkat kelembapan yang tersisa, bahan ini bisa mengeras sampai 2 bulan tanpa perlu disimpan di lemari es. Semakin kering, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengeras di luar.

Nah itulah beberapa langkah cara menyimpan daging kurban di lemari es yang baik bagi para ibu. Semoga bermanfaat ya.

Bagi bunda yang ingin berbagi tentang parenting serta dapatkan banyak sekali giveaway, yuk gabung di organisasi HaiBunda Squad. Daftar serta klik Di Sini. Bebas!

(asa/fia)





Source link