Kegiatan TP PKK Desa Sukaluyu dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan

Kab. Bandung- Warnajembar.com // Bertempat di Aula Desa Sukaluyu Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, acara giat TP PKK Desa Sukaluyu dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan dilaksanakan hari ini, Senin 20 Maret 2023.

Sebelum pengajian dimulai, seluruh tamu undangan disarankan untuk mengisi daftar hadir dan langsung diarahkan untuk mengambil hidangan yang telah disediakan oleh panitia acara, (Ramah Tamah/ Makan Bersama).

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Desa Sukaluyu H Koswara, A.Md,. S.H,. M.H,. Ketua TP PKK Hj. Titing Kartika, Sekdes Sukaluyu Asep Taryana, Babinsa Sukaluyu Sertu Adi Mulyono, Ketua MUI Desa Sukaluyu, BPD, LMD, Bumdes, dan seluruh aparat staf dan seluruh anggota PKK Pokja 1 sampai 4 dan seluruh masyarakat yang hadir sebanyak 300 peserta pengajian yang menghadiri.
Pengajian ini mengusung tema *Sucikan Hati Menyambut Bulan Ramadhan Dengan Penuh Ketulusan*.

Tepat pukul 14.30 Wib acara pengajian untuk menyambut Ramadhan dimulai, diawali dengan Group Marawis Pesona yang di Pimpin oleh Ustadz Asep Mulyana, pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh kelompok PKK dari Pokja 1 Tia Lestari sekaligus Shalawatan.
Dilanjut dengan sambutan oleh Kades Sukaluyu, beliau mengutarakan “Mudah-mudahan Desa Sukaluyu aya dina kamajengan dan Alhamdulilah perjuangan kedah ngabagikeun sasih shaum kanggo RT miwah RW kanggo munggah dan mudah-mudahan sadayana aya dina kamajeungan, Sareng dina Tausiyah ieu aya dina Kabarokahan”, jelasnya.
“Abdi ngaguar sejarah Sukaluyu bahwasanya Desa Sukaluyu berdiri pada tanggal 07 bulan 07 tahun 1979 jelasnya, nuju eta desa posisi dipalih kidul sareng ngalih kadieu wewengkon tahun 1999. Mudah-mudahan dina syukuran Desa cing aya rezekina sareng barokah dina waktosna”,.


Kedua Penyambutan dari Ketua TP PKK mengutarakan “Mudah-mudahan ieu acara kanggo pambuka urang nyambut sasih Romadhon sebagai islah pelebur dosa”,jelasnya.
Sambutan selanjutnya dari Ibu TP PKK Kecamatan Pangalengan Hj. Euis Aso mengungkapkan “Tasyakur Binikmat Ibu Kades dalam rangka menyambut Bulan Romadhon mudah-mudahan janten Kabarokahan” ungkapnya.

Baca Juga:  PUSDIKLATPASSUS BATUJAJAR Berbagi 1000 Sembako dan 5 Ribu Nasi Bungkus

Dilanjut penyampaian Ceramah/ Nasehat oleh Ustadz Wahyudin.
Ustadz Wahyudin langsung mengucapkan do’a yang diikuti oleh seluruh jamaah pengajian dengan mengucapkan “Allohuma Bariklana marhaban ya Romadhon sahrul qiyami, Allohuma salimna fi romadhon, Aamiin”.
Alhamdulilah iqror para hadirin sadayana di jantenkeun jalmi anu tiasa bersyukur.
Inn Shaa Allah 2 dinten deui urang bakal ngadampal dina sasih Romadhon, yang menjadi pertanyaan, bagaimana sikap kita dalam menghadapinya?
Berbagai sifat manusia muncul menjelang Romadhon, ada yang bingung ada yang senang ada juga yang sedih.
Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Allah SWT akan melipatgandakan pahala atas amalan yang dilakukan di bulan Ramadhan. Berikut bacaan haditsnya:
ﻗَﺪْ ﺟَﺎﺀَﻛُﻢْ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥُ، ﺷَﻬْﺮٌ ﻣُﺒَﺎﺭَﻙٌ، ﺍﻓْﺘَﺮَﺽَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺻِﻴَﺎﻣَﻪُ، ﺗُﻔْﺘَﺢُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ، ﻭَﺗُﻐْﻠَﻖُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﺤِﻴﻢِ، ﻭَﺗُﻐَﻞُّ ﻓِﻴﻪِ ﺍﻟﺸَّﻴَﺎﻃِﻴﻦُ، ﻓِﻴﻪِ ﻟَﻴْﻠَﺔٌ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦْ ﺃَﻟْﻒِ ﺷَﻬْﺮٍ، ﻣَﻦْ ﺣُﺮِﻡَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻓَﻘَﺪْ ﺣُﺮِﻡَ
Artinya: “Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah  SWT mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.”
Nu hartosna: “Saha jamla anu bungah hatena kudatangna bulan romadhon maka diharamkeun jasadna asup kana seneu Naraka”.
Terakhir menutup dengan do’a yang penuh dengan Khidmat.

Jurnalis: Rosari Hayati