1.900 Sertifikat Tanah Gratis di Serahkan Pihak BPN KBB ke Warga Desa Cihanjuang, Begini Respon Kades Gagan

1.900 Sertifikat Tanah Gratis di Serahkan Pihak BPN KBB ke Warga Desa Cihanjuang, Begini Respon Kades Gagan

Bandung Barat | warnajembar.com, Desa Cihanjuang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat (KBB). Serahkan Sertifikat analog gratis dengan jumlah 1.900 bidang dari total 2.500 ke beberapa Rw di Dusun Satu.

Kegiatan Penyerahan sertifikat di laksanakan di Gedung Geologi cihanjuang oleh pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) KBB, yang di fasilitasi pihak Desa Cihanjuang. Sabtu 26 Oktober 2024.

Kepala Desa cihanjuang Gagan Wirahma menyebutkan, dalam program PTSL gratis, pihak desa mengajukan kurang lebih sekitar 2.500 bidang.

“Terkait pembagian sertifikat Analog hari ini, pemerintahan desa dan BPN menyerahkan sertifikat dari program PTSL gratis. Yang mana di desa cikanjulang sampai saat ini mengajukan ke pihak BPN di Kisaran 2500 bidang,” Sebut Gagan

Gagan mengatakan. Pada saat ini adalah pembagian yang kelima kali, dan yang sudah diserahkan kepada masyarakat kurang lebih sekitar 1.900 sertifikat. Dan sebagian masih di BPN.

“Karena memang sekarang kan ada dua jenis, selain jenis sertifikat manual atau Analog dan juga nanti akan diganti dengan yang digital. Tentunya kami atas nama pemerintah Desa Cihanjuang mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat,” Ucapnya.

Lanjut Gagan mengucapkan terimakasih untuk pemerintah Badung Barat yang telah memberikan adanya program PTSL. Sehingga masyarakat sangat dimudahkan sekali dalam menerima atau menerbitkan sertifikat lebih mudah.

“Dengan menggunakan sertifikat digital, akan mempermudah terutama dari segi ke amanah, karena dikala sertifikat itu rusak hilang kita tinggal buka ada barkotnya dan lansung mucul. Itulah kemudahanya dengan adanya program sekarang di era digitalisasi,” Terangnya.

Sementara Agus Suharto sebagai ketua Team dari BPN wilayah Parongpong, mengatakan penyerahan sertifikat beda dengan yang lain, di Desa cihanjuang di serahkan per Dusun.

Baca Juga:  NextHub Global Summit 2024: Kolaborasi Pemerintah dan Nexticorn untuk Memperkuat Ekosistem Startup Indonesia

“Penyerahannya sertifikat hari ini, secara bertahap di desa Cihanjuang ini penyerahannya per Dusun. Beda dengan desa yang lain, kalau desa lain di satukan, disini dilaksanakan per dusun dan udah beberapa kali,” Ujar Agus

Disamping itu Agus juga menjelaskan bahwa dirinya sudah hampir beberapa kali menyerahkan sertifikat di wilayah Desa Cihanjuang.

“Saya dengan team hampir 5, 6 kali, di Dusun empat sudah 2 kali, Dusun tiga 2 kali. Jumlah total yang diajukan oleh desa Cihanjuang sendiri sebelumnya hanya 1000 tapi ternyata sekarang jadi 2500,” Jelasnya

Sebut Agus masih kurang juga menurut kepala desa. “Jadi target selesai untuk Desa Cihanjuang, ini kita sebetulnya di tahun ini, bulan Desember harus sudah diserahkan kepada masyarakat semuanya,” Tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan