Akhirnya Lomba Siskamling di KBB yang Masuk ke Tingkat Polda Jabar Hanya di Desa Cimanggu

BANDUNG BARAT, warnajembar.com / Lomba Satkambling Dit Binmas Polda Jabar tahun 2024 tingkat Polda Jabar di raih oleh Kampung Pangkalan RW 07 jumlah 3 RT alamat Desa Cimanggu Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat.

Ada beberapa isi pasilitas pos kamling yang di lirik oleh tingkat polres Cimahi yaitu, Wifi, kentongan, alat komunikasi (HT), Afar, tangga, galah dan alat elektronik televisi, dan lain lain.

Dalam acara hadir Kasubit bin polmas bit binmas Polda Jabar Kompol Muhamad Darmawan perwakilan polres cimahi, camat Ngamprah Agnes Virganty, kepala desa cimanggu Budi dan tamu undangan lainnya.

Menurut Kompol Muhamad siskamling merupakan simbol, artinya memberikan aman bagi masyarakat.

“Poskamling ini sudah bagus ya, cuman masih kita tambah lebih representatif, contohnya kita beri salah satu sel, maksudnya untuk mencegah kejadian bisa mengamankan agar ada kejadian masyarakat tidak bertindak main hakim sendiri,” Ungkapnya.

Ahmad juga menambahkan, selain mengamankan memberikan bentuk psikologi, artinya walaupun bentuk kerangkeng minimal sudah di ketahui pihak masyarakat.

“Mudah-mudahan dalam bentuk itu sudah memberikan peringatan dampak, dan yang lebih penting lagi pos kamling buat wadah ngariung untuk menampung aspirasi masyarakat,” ujar Ahmad.

Di sambung Camat Ngamprah Agnes Virganty mengucapkan syukur kepada Allah SWT, atas masuknya siskamling di desa cimanggu ke tingkat Polda Jabar.

“Alhamdulillah dimana lomba Satkambling ini masuk ke penilaian Kapolda Jabar berkat dukungan masyarakat, dan memang kami melihat masyarakatnya juga guyub siang malam melaksanakan ronda,” tutur Agnes

Camat juga memberikan suport kepada desa, hasil daripada rapat prokopimcam, ia melihat hasil perkembangan di wilayah.

“Sat kamling ini merupakan untuk berkumpul untuk melaksanakan kaitan dengan dukungan kondusifitas di wilayah,” tutupnya.

Baca Juga:  BSJ Baraya Sunda Jawabarat Tepang Sono Ke 1 Di Ngamprah KBB

Selain itu kades cimanggu juga mengatakan berdasarkan hasil penilaian polres Cimahi memang banyak inovasi-inovasi yang di perbuat.

“Alhamdulillah itu menjadi salah satu penilaian yang mana lebih menonjol adalah partisipasi masyarakat dalam hal satlinmas ini, dan Alhamdulillah masyarakat mendukung dalam satlinmas yang di prakarsai oleh bapak RW dan tokoh masyarakat disini,” ucap Budi

Untuk penjagaan di poskamling, menurut kades yang jaga tersedia selama 24 jam “Untuk pasilitas memang kami ada Wifi dari pemerintah kabupaten bandung barat yang di ambil dari Desa,” imbuhnya

“Sarana pra sarana, televisi dan semua alat-alat kelengkapan ada di sini, polres hanya sosialisasi dan disini, kemarin ada bantuan dari Polda Jabar terkait dengan satlinmas,

Kades pun berharap untuk semu RW ini dijadikan contoh dan harus menjadi percontohan, dan semoga 15 RW bisa mengikuti semua dan pemerintah desa akan memfasilitasi. *Red